Photo Collection

Perahu Nelayan Pantai Lekok Pasuruan


Pantai dengan air jernih nan biru memang sudah biasa kita lihat di lokasi wisata unggulan, namun pantai yang satu ini air laut yang ada memang berbeda dari biasanya, warna air laut di pinggir pantai daerah nelayan Lekok Pasuruan ini terlihat keruh sekali. Keruhnya air laut bak air sungai setelah hujan deras, menjadikan warna air laut terlihat keruh kecoklatan. Hal ini disebabkan karena kadar lumpur yang ada sepertinya cukup tinggi dan ketika ombak cukup keras menjadikan lumpur di dasar laut juga terbawa ombak ketika menyapu pantai. 

Pemandangan seperti ini mungkin jarang kita lihat, dimana air laut yang keruh dengan deretan perahu nelayan yang berbaris di atasnya ntamenyajikan panorama alami yang layak untuk di nikmati. Yang menjadikan lebih unik, perahu-perahu nelayan tersebut memiliki corak warna cerah, dilengkapi dengan bendera berwarna-warni serta nama perahu sebagai identitas sang pemilik.

Pantai dengan keruhnya air laut ini berlokasi di desa Wates, Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, dimana di daerah ini selain menjadi kampung nelayan dengan hasil ikan seperti cumi-cumi, teri nasi dan jenis ikan laut lainya, juga terdapat PLTG Grati. Mayoritas kegiatan penduduk yang ada memang sebagai nelayan, hal ini terlihat dari banyaknya perahu nelayan berukuran sedang bersandar di tepian pantai. Memang di pantai ini bukan lokasi wisata, namun jika ingin bersantai di pinggir pantai yang penuh dengan deretan perahu nelayan serta melihat keruhnya air laut, Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai alternatif berwisata bersama keluarga.

Di pantai ini ada juga acara petik laut yang di gelar setiap tahun, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri tepatnya pada hari ke 7. Pada acara tahunan ini perahu nelayan di hias sedemikian rupa menjadikan pemandangan laut semakin semarak dengan warna-warni hiasan perahu nelayan.

Foto dibawah serta video diatas merupakan gambaran pemandangan alami pesona pantai dengan air laut keruh kecoklatan, semoga bisa menggambarkan pesonanya dan menarik minat Anda untuk mengunjungi dan juga membeli hasil laut tangkapan nelayan di kampung ini. Untuk akses jalan menuju desa Wates ini sudah sangat bagus, dimana kita akan melawati Pusat Latihan Tempur TNI AL dan PLTG Grati, kurang lebih 3 km dari jalur Pantura antara Probolinggo dan Pasuruan. 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Photo Collection
Theme Designed by irsah indesigns.